Kemampuan koneksi matematika sudah tercantum pada tujuan pembelajaran matematika (KTSP,2006:417) Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah dan memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

Selain dari itu NCTM (Wahyudin, 2013:2) menegaskan bahwa komunikasi adalah salah satu proses penting dalam pembelajaran matematika, karena komunikasi merupakan cara berbagi ide dan memperjelas pemahaman. Melalui komunikasi ide menjadi objek refleksi, perbaikan, diskusi, dan perubahan. Cara terbaik untuk mengekplorasi dan mengkoneksikan suatu ide adalah mencoba menyampaikan ide tersebut kepada orang lain.

Dalam penelitian ini, indikator kemampuan komunikasi matematik yang digunakan yaitu Standar Matematika sebagai komunikasi menurut NCTM (Reys,1998; Wahyudin, 2010:7) di tingkat kelas K-4, studi matematika  untuk berkomunikasi sehingga siswa mampu:

  • Menghubungkan benda-benda fisik, gambar, dan diagram dengan Ida-idea matematik (relate phyisical materials, pictures and diagrams to mathematical ideas);
  • Merefleksikan dan memperjelas pemikiran mereka tentang Idea-idea dan situasi-situasi matematik (reflect on and clarify their thingking about mathematical ideas and situations);
  • Merealisasikan bahasa keseharian dengan bahasa dan lambang matematik (Relate their everyday languange to mathematical language and symbol);
  • Merealisasikan bahwa merepresentasikan, membahas, menyimak, dan menulis, dan membaca matematika merupakan bagian yang sangat penting dalam belajar dan menggunakan matematika (realize that representing, dicussing, reading, writing, and listening to mathematics are a vital part of learning and using mathematics)

Daftar Pustaka:

BSNP. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Reys, Robert E, Marlyn N Suydam, Mary M Linquist, Nancy L Smith. 1998. Helping Children Learn Mathematics. Boston : Allyn and Bacon.

Wahyudin. 2010. Materi Pelajaran Matematika Kelas Rendah. Bandung: Mandiri Bandung.

 

Leave a comment

Trending