Mengingat begitu pentingnya penguasaan pengetahuan dan keterampilan dalam mengevaluasi kegiatan dan hasil belajar, maka dalam buku ini secara berurutan akan dibahas prinsip-prinsip dasar serta langkah-langkah untuk mengantarkan para pendidik mendalami pengetahuan dan pedoman tentang bagaimana cara mempersiapkan dan melaksanakan evaluasi hasil belajar yang baik.

Pada bagian pertama ini akan dibahas secara umum hal-hal yang berkenaan dengan prinsip dasar asesmen proses dan hasil belajar, yang meliputi: (1) pengertian asesmen hasil belajar, (2) tujuan dilakukannya asesmen, (3) dan pelaksanaan asesmen hasil belajar. Setelah membaca dan membahas uraian tersebut mahasiswa diharapkan dapat mencapai indikator-indikator keberhasilan yaitu dapat:

  1. menjelaskan manfaat mempelajari evaluasi bagi guru;
  2. menjelaskan dengan contoh pengertian pengukuran, penilaian dan tes dalam
    konteks asesmen;
  3. menjelaskan fungsi asesmen;
  4. menjelaskan tujuan asesmen;
  5. menjelaskan prinsip-prinsip asesmen;
  6. menjelaskan ruang lingkup asesmen;
  7. menjelaskan jenis asesmen; dan
  8. menjelaskan teknik asesmen pembelajaran.

Unit 1 ini dapat dipahami secara optimal melalui kegiatan tatap muka dan kerja mandiri. Untuk keperluan tersebut unit ini dilengkapi dengan web. Setiap akhir unit disertai dengan tes formatif untuk melihat ketercapaian kompetensi yang diharapkan.

Kunci dan rambu-rambu jawaban tes formatif ada di akhir setiap unit. Dengan demikian setiap pebelajar dapat mencocokkan jawabannya. Untuk melihat perkembangan mahasiswa atas tugas-tugas yang diberikan dalam buku ajar cetak ini, evaluasi mata kuliah banyak menggunakan portofolio. Tugas yang sudah Anda kerjakan dapat dikirimkan lewat e-mail dosen pengampu mata kuliah atau dikirim langsung ke dosen pengampu mata kuliah.

Sumber : Poerwanti, E. dkk. (2010). Bahan Ajar Cetak Assesment Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud.

Lebih lengkapnya silahkan di

download

Leave a comment

Trending