Kemampuan Koneksi Matematik merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh Siswa sekolah dasar. Pentingnya kemampuan koneksi matematika terkandung dalam tujuan pembelajaran matematika sekolah dasar (KTSP,2006:417) yaitu Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.

Dalam rumusan tujuan tersebut kemempuan koneksi matematik menjadi sangat penting karena akan membantu penguasaan pemahaman konsep yang bermakna dan membantu menyelesaikan tugas pemecahan masalah melalui keterkaitan antara konsep matematika dan antara konsep matematika dengan konsep dalam disiplin lain. Demikian pula kemampuan koneksi matematika  ini akan membantu siswa dalam menyusun model matematika yang juga menggambarkan keterkaitan antar konsep danatau data suatu masalah atau situasi yang diberikan. (Sumarmo, 2012:12)

Dalam penelitian ini, indikator kemampuan koneksi matematik yang digunakan yaitu menurut NCTM (Reys,1998; Wahyudin, 2010) ditingkat kelas K-4, studi matematika untuk koneksi sehingga siswa mampu:

  •  Menghubungkan pengetahuan konseptual dengan pengetahuan prosedural (Link conceptual and procedural knowledge);
  • Menghubungkan berbagai representasi konsep atau prosedur satu sama lain (Relate various representations of condepts or prosecedures to one another);
  • Mengenali hubungan antara topik-topik berbeda dalam matematika (Recognize relationships among different topics in mathematics);
  • Menggunakan matematika dalam area-area kurikulum lainnya (use mathematics in other curriculum areas);
  • Menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari (Use mathematics in their daily lives).

Berdasarkan indikator tersebut, dapat diketahui sejauh mana kemampuan koneksi matematik siswa dalam mempelajari matematika.

Daftar Pustaka:

BSNP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdikbud.

Reys, Robert E, Marlyn N Suydam, Mary M Linquist, Nancy L Smith. 1998. Helping Children Learn Mathematics. Boston : Allyn and Bacon

Sumarmo, Utari. 2012. Bahan Ajar Matakuliah Proses Berpikir Matematik Program S2 Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi 2012. Bandung: diterbitkan.

Wahyudin. 2010. Materi Pelajaran Matematika Kelas Rendah. Bandung: Mandiri Bandung.

Leave a comment

Trending